Selamat datang!

Assalamu alaikum wr.wb

Situs ini saya dedikasikan untuk dunia BK dan pendidikan pada umumnya.

Berawal dari kecintaan saya pada dunia pendidikan dan bidang profesi saya sebagai guru BK.Saya ingin belajar lebih banyak mengenai bidang ini,dengan menuliskan ide,pikiran,gagasan juga pengalaman saya sebagai guru BK/pendidik.

Walaupun saya masih “seumur jagung” bergelut di bidang ini,but I do love it! seperti kata Steve Jobs , “You’ve got to find what you love?”. Ketika tidak suka atau tidak mengerti tujuan..Just leave it..Hehe..

Dan karena sedikitnya pengalaman saya di bidang ini,mohon maklumi kekurangan di sana sini dalam tulisan2 saya.Kan masih belajar ;-P . Saya juga berharap teman2 dapat berkontribusi dalam situs ini untuk mengupas tuntas dan mendiskusikan masalah-masalah BK.I ll apreciate it.

Saya minta maaf dan terima kasih yang sedalam-dalamnya pada teman-teman yang sudah memberikan comment di postings saya.maaf karena kemarin2 saya belum sempat memberi respon terhadap comments teman2.Karena ada beberapa masalah saya sempat nonaktif di dunia maya ini.Saya amaze juga terharu membaca comments teman2 sekalian.u guys rocks! (ups!?🙂 )

Alhamdulillah sekarang masalah2 saya itu sudah bisa diatasi.So, yuk kita lanjut🙂

Semoga situs ini dapat memberi manfaat,khususnya bagi saya pribadi,dan juga teman2.

Viva BK !!!!!

Wassalamu Alaikum Wr.Wb

Tina

6 responses to this post.

  1. Assalamu alaikum wrwb

    Salam kenal Bu Tina,

    Saya Murni, bukan guru BK, tapi tertarik dg pendidikan.
    Belum sempat lihat-lihat semua blognya, tp mo langsung tanya,
    saya pernah baca panduan tugas BK milik sebuah SMA di Semarang, dan agak tdk mudeng dg keterangan di dalamnya.
    Sy tertarik dg tugas dan peran BK untuk pengembangan karir siswa. Mohon dijawab :
    1. Adakah konsultasi karir di SMP ? Kalau ada spt apa bentuknya ?
    2. Di Jepang u level SD, SMP tdk ada BK, jd semua permasalahan siswa ditangani oleh wali kelas. Bisakah Bu Tina gambarkan, bagaimana batas tugas guru wali kelas dan guru BK di sekolah Ibu ?
    3. Oya, saya baca di ketentuan sertifikasi guru, bhw guru BK disertifikasi juga, bagaimana proses pelaksanaannya di sekolah Ibu ?

    Terima kasih banyak dan mohon maaf jika merepotkan,
    wassalamu alaikum
    Murni Ramli

    Balas

  2. Posted by tina on April 20, 2009 at 3:09 pm

    Wassalamu alaikum wr. wb.
    Salam kenal juga mbak Murni,
    Mohon maaf lama saya blm sempat menjawab pertanyaan mba murni..
    Yup! I m guilty as a charge..I m a bad bloger..he..he..
    Dengan segala keterbatasan saya akan mencoba menjawab pertanyaan mbak murni:
    1.Dalam BK ada 4 bidang bimbingan: Bid.Bimb.pribadi &keluarga,Bimb.belajar,Bimb.sosial,Dan Bimbingan karier.Nah,bimbingan karier dapat diberikan pada siswa melalui beberapa bentuk,seperti:Layanan informasi (informasi jenis karir,arah karir dsb.),konsultasi karier,Carrier day dsb.
    2.Sering kali tugas guru BK diartikan secara sempit:hanya sebatas menangani masalah siswa.Padahal tugas guru BK yang sebenarnya adalah memberikan layanan bagi siswa yang tercangkup dalam “pola 17 plus”(lebih jelas baca buku2 referensi BK).Untuk penanganan masalah siswa,wali kelas idealnya secara aktif berperan sebagai guru pembimbing bagi siswa di kelasnya.Sedanglkan guru pembimbing berperan sebagai koordinator dari beberapa wali kelas.Jadi,dalam menangani masalah siswa,wali kelas dan guru BK saling berkoordinasi/bekerja sama.
    3.Ya,setahu saya juga begitu.Terus terang saya belum mudeng mengenai masalah sertifikasi.Di sekolah saya guru BK nya belum ada yang di sertifikasi.Tapi seprtinya sama saja prosesnya dengan guru lain.Yang mungkin agak berbeda adalah mengenai masalah penghitungan nilai yang berhubungan dengan jumlah jam mengajar.
    Begitulah,Semoga mbak Murni belum puas dengan jawaban saya sehingga mbak Murni akan terus mencari dan lebih memahami terutama tntang profesi guru BK.Terima kasih atas perhatiannya.
    Sekali lagi mohon maaf atas keterlambatan jawaban saya.

    Waalaikum Salam wr.wb.

    -Tina-

    Balas

  3. Posted by Agustina Rantetasak on Agustus 16, 2009 at 12:06 pm

    assalamualaikum mbak..???? perkenalkan, sy agustina mahasiswi akta 4 UKI Toraja Sul-Sel. Qt punya tugas makalah tentang Bimbingan dan Penyuluhan disekolah. sampai skrg sy msh blm bs mengerjakannya.Dan blm mendapatkan referensi yang bisa menjawab tugas sy.untung sj sy membaca tulisan mbak,jd sy mendpt pertolongan. tugasnya bgni: 1. pentingnya pelaksanaan BP disekolah, 2. tanggung jawab seorang guru BP disekolah. Terima kasih sebelumnya mbak, jwban mbak sangat berarti bwt sy.

    Wassalam…

    Balas

  4. Posted by eva sriwahyuni on Agustus 16, 2009 at 12:13 pm

    Assalaamualaikum Wr.Wb

    salam kenal mbak…!! Nama sy Eva, sy mahasiswi akta 4 UKI Toraja Sul-Sel ,pertanyaanku sm dgn pertanyaan Agustina mengenai BP. Mohon bantuannya!!

    Wassalam

    Balas

  5. Posted by usmanteach on Agustus 29, 2009 at 6:50 am

    salam kenal, sy ikut baca2 ja. maju trus ya bk nya..

    Balas

  6. Posted by tinaesti2005 on September 16, 2009 at 3:08 pm

    @ agustina &eva: Wassalamu alaikum wr.wb. salam kenal jg mbak..
    maaf kalau sy telat merespon komentar mbak agustina dn mbak eva.saya harap mbak berdua sudah menemukan jawaban pertanyaannya dn tugas BK nya sdh bisa d selesaikan..
    mohon maaf saya blm bs mnjawab pertanyaan mbak berdua di sini,karena penjelasannya akan panjang skali.Saya sarankan mbak coba kunjungi situs pak akhmad sudrajat yg ada dlm blogroll saya.di sana banyak sekali referensi yg bisa di baca, terutama di bagian bimbingan dan konseling untuk pertanyaan yg mbak brdua sedang cari.di bagian “downloads” bimbingan konseling nya juga ada referensi yg sy pikir dpt membantu tugas2 BK mbak.
    Sekali lagi mohon maaf atas keterbatasan saya ya.Selamat belajar.SEMANGAT!🙂
    @pak Usman: salam kenal juga pa.terima kasih sdh mengunjungi blog saya.jangan bosan dn jngn lupa kasih masukan yaa.🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: